October 23, 2020

Mata Uang Kripto 101: BAB 1 Kebebasan Finansial dan Kekayaan

Daftar Isi

Mata Uang Digital

transaksi online
Berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mata uang dapat dibuat secara digital dan online. Digital berarti mata uang dapat diimplementasikan di komputer yang prosesnya bisa otomatis dan cepat. Online berarti mata uang dapat digunakan di Internet yang memungkinkan transaksi dan penggunaan lain dari mana saja di dunia kapan saja dengan santai. Saat ini, mata uang digital digunakan untuk toko online dan pembayaran online. Misalnya, saya membayar tagihan listrik, air, telepon, internet, dan lain-lain dari rumah menggunakan smartphone yang tersambung ke Internet. Saya juga bisa memesan barang, makanan, dan barang lainnya dari rumah saya. Mata uang digital juga dapat digunakan untuk berpartisipasi dengan nyaman dalam sistem keuangan global seperti pinjaman, investasi, dan cicilan.
jenis mata uang digital

Sehubungan dengan judul buku ini, Anda mungkin ingin bertanya, apa hubungan antara mata uang digital dan mata uang kripto? Mata uang kripto hanyalah salah satu mata uang digital. Mata uang digital adalah kategori umum. Dari pengetahuan saya, saya tahu mata uang digital berikut:

  • Mata Uang Fiat Digital: mata uang didukung tetapi dikendalikan secara terpusat oleh pemerintah dibuat secara digital. Sementara untuk uang kertas, pemerintah membutuhkan printer untuk mencetak dan mengukir koin, mata uang fiat digital dapat dibuat dengan menekan tombol di server pemerintah. Sementara uang tunai dan koin didistribusikan secara fisik, mata uang fiat digital dapat didistribusikan secara digital dan online ke aplikasi warga. Karena mata uang digital ini tersentralisasi, pemerintah memiliki kendali penuh. Selain bisa mencetak dan mendistribusikan, skenario sebaliknya juga dimungkinkan yaitu menghapus, menarik kembali, bahkan menolak layanan keuangan warga negara. Contoh mata uang fiat digital adalah dolar digital, euro digital, pound digital, yen digital, yuan digital, dan rupiah digital.
  • Mata Uang Pribadi Digital: mata uang dibuat dan dikendalikan oleh individu atau kelompok. Mata uang ini saat ini sebagian besar ada di perusahaan seperti poin Amazon, kupon, dan token.
  • Mata Uang Kripto: mata uang berdasarkan teknologi kriptografi yang memungkinkan kemungkinan resistensi distorsi dan manipulasi, distribusi dan desentralisasi, resistensi sensor dan penyitaan, privasi, dan keterbukaan.

Bitcoin Mata Uang Kripto Pertama

Awal termudah untuk memahami mata uang kripto adalah dengan memahami Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang kripto pertama diciptakan Satoshi Nakamoto tahun 2008. Konsep ideal Bitcoin adalah memiliki sifat terbuka, tanpa batas ruang, anti sensor, tidak dapat disita, anti distorsi, anti manipulasi, terdistribusi, terdesentralisasi, dan pseudo anonymous. Penafian bahwa konsep tersebut diidealkan dan pada kenyataannya mungkin tidak seperti itu. Selain itu dalam buku ini tidak terdapat penjelasan teknis tentang kriptografi dan teknologi lain di balik mata uang kripto karena buku ini ditujukan hanya untuk pengguna. Sebaliknya, hanya ilustrasi atau perumpamaan yang diberikan dan mungkin tidak sepenuhnya akurat.

Blockchain

riwayat blockchain
While in Blockchain Bitcoin itu seperti buku besar yang berisi semua transaksi sebelumnya yang dijamin dari distorsi atau transmutabilitas, sebagai pengguna Anda dapat menganggapnya sebagai riwayat yang diamankan dengan teknologi yang dapat dengan mudah mendeteksi jika ada sedikit perubahan atau modifikasi dengan tujuan mencegah. mereka. Kecuali Anda adalah tokoh otoritif yang rusak, Anda harus setuju bahwa sejarah harus tetap jujur apa adanya dan tidak boleh diputarbalikkan. Blockchain adalah salah satu teknologi yang mencegah distorsi sejarah yang dalam hal ini mencegah korupsi transaksi keuangan.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang yang kasus terbaru: Kasus Wirecard di mana satu miliar dolar hilang, atau skandal sebelumnya seperti tujuh miliar dolar kesalahan akuntansi oleh Worldcom, Hutang tersembunyi Enron, atau bahkan Skema Charles Ponzi di masa lalu. Jika tidak, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang korupsi keuangan yang terjadi di negara atau wilayah Anda. Saya masih teringat masa remaja saya di Indonesia dulu mengenai skandal bank Century. Tidak ada yang tahu kemana uang itu pergi dan orang-orang kaya yang menaruh uang mereka kehilangan semua tabungan mereka. Saya ingat pernah melihat berita bahwa seorang wanita yang sebelumnya kaya raya harus bekerja sebagai buruh di lokasi konstruksi mana pun untuk mencari nafkah. Siapa tahu pada saat itu ada yang harus bekerja sebagai pembantu atau sebagai budak setelah kehilangan tabungannya. Saya sangat percaya pada teori kekekalan energi dimana energi tidak menghilang tetapi pindah keluar. Jelas, uang itu tidak hilang, pasti ada yang mengambil uang itu. Dengan teknologi blockchain, transaksi dapat dicatat dengan aman secara detail, mencegah skandal semacam ini.

Sistem Terdistribusi

sejarah-terdistribusi
Blockchain adalah cara yang baik untuk mencatat sejarah karena mekanismenya dimana sedikit perubahanpun dapat dengan mudah dideteksi tetapi sayangnya, blockchain saja tidak berguna. Jika hanya ada satu salinan blockchain dalam satu server, bagaimana cara mengetahui modifikasi jika tidak ada referensi? Nah, caranya memiliki cadangan blockchain atau backup modifikasi yang terjadi tetapi apakah Anda benar-benar mempercayai entitas tersebut secara jujur? Bisa saja mereka merusak salinan dan catatan modifikasi. Di sinilah sistem terdistribusi masuk. Blockchain tidak hanya ada di satu server tetapi banyak server yang didistribusikan dan dapat diverifikasi.

Decentralisasi

desentralisasi
Setelah menemukan blockchain dan menerapkan sistem terdistribusi, Satoshi Nakamoto menemukan bukti kerja (proof of work) yang merupakan semacam algoritme matematika yang meniru kondisi orang bekerja secara berkeringat pada komputer. Dengan menggabungkan blockchain, sistem terdistribusi, dan proof of work menciptakan desentralisasi di mana setiap titik komputer dapat memproses transaksi dan setiap titik komputer lain dapat memverifikasi. Sementara sistem keuangan saat ini membutuhkan perantara untuk membangun kepercayaan dalam bertransaksi, Bitcoin tidak memerlukan perantara karena algoritme memungkinkan setiap titik mencapai konsensus. Sementara sistem keuangan saat ini terpusat di mana keputusan dibuat oleh otoritas tertinggi, sementara Bitcoin terdesentralisasi dimana bekerja berdasarkan algoritma, artinya tidak ada entitas yang dapat mengendalikannya.

Mining

bitcoin mining
Proof of work diibaratkan kompetisi memecahkan masalah matematika yang terlalu teknis untuk dimasukkan ke dalam buku ini. Jika Anda penasaran, baca whitepaper 2008 oleh Satoshi Nakamoto atau cari sumber lain. Mereka yang bekerja diberi upah Bitcoin itulah sebabnya prosesnya dapat diilustrasikan sebagai penambangan. Ini juga bagaimana Bitcoin diproduksi.

Terbuka dan Transparan

transparansi
Whitepaper terbuka bagi siapa saja untuk membaca saat ini di https://bitcoin.org/bitcoin.pdf. Source code terbuka untuk digunakan siapa saja saat ini di https://github.com/bitcoin/bitcoin. Bahkan dimungkinkan untuk membagi kode dan memulai koin baru. Jaringan Bitcoin terbuka bagi siapa saja untuk berpartisipasi baik sebagai pengguna, titik, dan/atau penambang dan transparan untuk dilihat siapa saja. Semua transaksi transparan, siapa yang menambang, mengirim dan menerima Bitcoin. Pasokan, Bitcoin juga ditentukan yaitu 21 juta dan tidak akan pernah kurang atau lebih. Karena itu, Bitcoin bukan deflasi atau inflasi secara keseluruhan.

Tidak Dapat Disita

taktersita
Bitcoin anda disimpan dengan aman di jaringan dan tidak ada orang kecuali mereka yang mengetahui kunci yang dapat mengaksesnya dan idealnya, hanya anda yang mengetahui kuncinya. Dengan menyimpan kunci dengan aman, tidak ada otoritas setinggi apapun yang dapat menyita Bitcoin anda. Hal ini secara mengejutkan bekerja dengan baik di wilayah yang sering terjadi penindasan dimana pemerintah yang seharusnya melayani rakyat tenggelam dalam kekuasaan. Kunci privat (private key) dulunya adalah sekumpulan karakter yang banyak dan rumit tetapi sekarang ada kunci dalam bentuk frase benih (seed phrase). Ini juga terkait dengan ruang tanpa batas, dimana anda hanya perlu mengingat seed phrase di ingatan anda dan anda dapat melakukan perjalanan kemana saja di dunia tanpa perlu membawa dana anda secara fisik dan kemungkinan besar tanpa ada yang tahu. Ini seperti menyimpan dana di otak anda. Namun, ada juga risiko di mana jika anda kehilangan kunci, anda kehilangan akses ke dana anda selamanya. Oleh karena itu, tanggung jawab diri.

Ruang Tanpa Batas

tak tersensor
Bitcoin menggunakan jaringan peer-to-peer (P2P) di mana selama ada peer di dekatnya, siapa pun dapat terhubung ke jaringan untuk melakukan transaksi atau aktivitas lainnya. Internet termasuk dalam jaringan ini di mana selama anda memiliki perangkat komputer yang terhubung ke Internet, anda dapat menggunakannya Bitcoin. Jika anda tidak beruntung karena tidak memiliki Internet, masih ada peluang untuk menggunakan gelombang siaran misalnya menggunakan radio untuk menyiarkan transaksi anda. Bagaimanapun, dengan dunia saat ini dari hampir semua tempat di dunia Anda dapat mengakses Bitcoin artinya anda dapat mengakses dana anda.

Anti Sensor

Lagi Bitcoin adalah P2P di mana selama ada node peer di dekatnya, anda dapat terhubung ke jaringan meskipun internet disensor. Pihak berwenang selalu dapat mencoba memblokir setiap node, semoga berhasil dalam memblokir node yang muncul setiap hari. Jika Anda pernah menggunakan dompet Bitcoin, anda mungkin bertanya-tanya mengapa mereka memberikan banyak peringatan untuk tidak membuat kesalahan dalam memasukkan alamat penerima. Itu karena transaksi tidak dapat dibatalkan tidak hanya bertujuan untuk mencegah distorsi dan manipulasi tetapi juga untuk mencegah penyensoran. Jika transaksi dapat dibalik, pihak berwenang dapat dengan mudah meminta untuk mengembalikkan transaksi anda jika mereka tidak menyukainya.

Pseudoanonymous

pseudoanonym
Bitcoin adalah pseudoanonim di mana anonimitas bergantung pada cara anda menggunakan koin. anda dapat memilih untuk diidentifikasi dari awal tetapi jika anda memilih untuk menjadi anonim, anda perlu tahu bagaimana menggunakan koin dengan benar di mana dasarnya hanya untuk tidak mengirim koin anda ke alamat mana pun yang dapat mengekspos identitas anda. Jika anda harus melakukannya, buat alamat baru dan dapatkan koin baru dari sumber lain.

Bitcoin Terhadap Coin Lain

Bitcoin maksimalis mungkin mengatakan selain Bitcoin semuanya scam, Bitcoin adalah kebenaran, tetapi menurut saya, pemikiran itu hanya akan menutupi salah satu keindahan Bitcoin. Keindahan Bitcoin adalah open source di mana siapa pun dapat menggunakan kembali kode dan memodifikasinya. Jika ada yang ingin membangun sesuatu yang berbeda atau hanya tidak setuju dengan beberapa fungsi Bitcoin, lalu mereka dapat dengan bebas membuat koin lain dan mengambil jalan yang berbeda daripada berjuang untuk mengubah Bitcoin, bukannya ini sama dengan perang? . Kemudian biarkan orang-orang memilih koin mana yang mereka sukai. Kebebasan untuk memilih adalah salah satu kontribusi indah dari Bitcoin.

biaya transaksi kripto
Untuk pengiriman uang, saya tidak menggunakan Bitcoin karena saat ini biayanya setidaknya $5 lebih mahal. Lima dolar mungkin jumlah yang kecil untuk orang-orang di negara maju tetapi bagi kami di negara berkembang adalah biaya 4-7 kali makan. Bitcoin mungkin merupakan pilihan termurah di negara maju tetapi di tempat yang saya datangi adalah pengiriman uang dari Jepang ke Indonesia, Brastel Remit yang non-crypto lebih murah. Untuk kasus saya, menggunakan Litecoin adalah yang termurah. Meski ada BNB dan XRP yang lebih murah, bursa yang saya gunakan di Jepang tidak memilikinya atau hanya menawarkan tarif yang mahal. Jika argumen anda adalah karena saya menggunakan fiat, itu adalah argumen yang tidak bertanggung jawab setidaknya saat ini karena hampir semua orang menggunakan dan mendapat pemasukan dalam uang fiat. Jika argumen anda karena saya mengukur dalam fiat, jawaban saya adalah hampir semua item diukur dalam fiat misalnya, apakah Anda akan mengeluarkan $5 dalam biaya transaksi untuk membeli kopi $1? Lihat Bab 3 untuk lebih detil. Saat ini terdapat solusi layer 2 yang salah satunya adalah jaringan kilat (lightning network) tetapi kami masih menunggu teknologi untuk berkembang dan untuk diterapkan oleh pedagang dan bursa.

Alternative Coins

altcoin
Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada ribuan koin alternatif (altcoin) di luar sana dan berkembang menjadi jutaan. Dengan banyaknya koin di luar sana, bagaimana kita mempelajari semuanya? Memang selalu ada cara untuk mempelajarinya satu per satu tetapi sebagai pengguna pemula, cara paling sederhana adalah dengan mempelajarinya Bitcoin terlebih dahulu karena sebagian besar koin ini memiliki properti Bitcoin tetapi dengan sedikit atau banyak perubahan. Berikut beberapa contohnya:
  • Ethereum: koin pertama untuk aplikasi dan layanan terdesentralisasi yang mencakup pertukaran desentralisasi (DEX) dan decentralized finance (DEFI). Saya mendengar bahwa cerita di balik ini bahwa salah satu pendiri Vitalik Buterin ingin membangun semua hal yang disebutkan tadi di Bitcoin tetapi Pengembang Bitcoin tidak setuju karena akan mengirim spam ke jaringan dan alasan lain. Itu pengembang Bitcoin menyatakan bahwa mereka hanya menginginkan Bitcoin hanya untuk transaksi. Akhirnya Vitalik Buterin mengambil jalur yang berbeda dan membuat Ethereum sebagai gantinya.
  • Monero: koin pertama yang berfokus pada privasi dan anonimitas. Bitcoin adalah pseudoanonim dimana jika anda mengirim ke alamat tertentu dapat mengekspos identitas anda. Monero menggunakan algoritma untuk membuat transaksi tidak dapat dilacak secara ideal. Monero juga melawan application-specific integrated circuit (ASIC) dan penambangan graphic proccessing unit (GPU) sehingga orang biasa dapat memiliki kesempatan untuk menambang menggunakan unit pemroses komputer (CPU).
  • Koin stabil: koin yang dipatok ke nilai tertentu biasanya dengan memiliki aset lain sebagai cadangan. Contoh koin yang dipatok fiat adalah: USDT, USDC, dan TUSD adalah koin yang dipatok ke dolar di mana satu koin bernilai satu dolar, EURS adalah koin yang dipatok ke Euro, BKRW adalah koin yang dipatok ke won Korea, bitCNY dipatok ke yuan China, BRZ dipatok ke Brazillian Real, dan IDRT, IDK, BIDR dipatok ke rupiah Indonesia. Ada juga koin seperti DAI yang tidak dipatok tetapi menggunakan algoritma untuk menyesuaikan dirinya sendiri ke nilai tertentu. Jenis koin stabil yang menarik yang muncul saat ini adalah koin stabil komoditas seperti XAUT dan PAXG yang dipatok ke emas fisik.
  • Koin konten: koin di mana blockchain dimuat untuk konten sosial. Proyek awalnya Steem dan Hive adalah tempat membangun platform blog yang terdesentralisasi. Yang baru hari ini pada penulisan buku ini adalah LBRY dan BitTube yang terkenal karena berfokus pada konten multimedia. Baru-baru ini muncul yang baru yaitu Blurt dan Revain
  • Berbagai algoritma penambangan: Bitcoin menggunakan proof of work (PoW) SHA256. Ada banyak koin lain yang menggunakan algoritma proof of work yang berbeda seperti Equihash digunakan di Ethereum, Scrypt digunakan di Litecoin, Cryptonights yang mendukung GPU dan beberapa CPU, dan Yescrypts yang mendukung CPU. Selain PoW, ada proof of stake (PoS) yang algoritmanya didasarkan pada jumlah koin terkunci di mana Peercoin adalah yang pertama menerapkan PoS dan Ethereum dikatakan akan bermigrasi ke PoS pada akhir tahun 2020. Yang lain yang saya tahu adalah proof of capacity yang menggunakan jumlah penyimpanan hard drive.
  • Koin utilitas: properti koin ini biasanya sama dengan banyak koin lainnya, tetapi mereka menawarkan layanan khusus untuk platform mereka. Misalnya bertukar koin dengan CRO, BNB, HNST, AWC, TWT, KCS, dan TOKOK memberi anda diskon jika anda menggunakan koin tersebut. Jika anda menggunakan MCO (tidak digunakan lagi dan sekarang hanya CRO) dan Ternio, anda bisa mendapatkan kartu debit atau kredit bertenaga crypto mereka. BitTube sebagai pembayaran untuk membeli lebih banyak penyimpanan di platform mereka.
  • Koin Penggemar: misalnya DOGE awalnya dibuat sebagai mata uang lelucon di mana labelnya menggunakan anjing Jepang lucu bernama Shiba Inu (Hachiko jika Anda tahu) yang dimaksudkan untuk mengembirakan suasana. Jika anda menyukai olahraga maka anda mungkin harus melihatnya CHZ.

Ada banyak koin lain seperti ada banyak perusahaan di luar sana di mana anda membutuhkan tim untuk meneliti semuanya. Anda secara sah bisa kaya dengan berinvestasi di altcoin karena konsepnya sama dengan anda berinvestasi pada suatu yang bagus sebelum yang lain mengetahuinya. Misalnya saya membeli senilai $70 Statera ketika saya melihat ada pos dan membaca bahwa mereka adalah koin deflasi pada defi dan ketika saya melihat harga itu masih stabil, saya memperkirakan bahwa mereka masih di tahap awal dan akhirnya nilai Statera saya pernah bernilai lebih dari $ 200 dan menjual $ 70 untuk dikembalikan modal saya dan sekarang saya untung. Altcoin juga investasi paling berbahaya yang saya tahu karena barang baru memiliki resiko tinggi untuk tidak bertahan misalnya saya membeli hampir $100 Inmax sebagai taruhan acak dan selama bertahun-tahun mereka belum meluncurkan bursa mereka dan $100 saya anjlok menjadi $1 yang berarti saya benar-benar rugi. Juga, waspadalah terhadap penipuan bahwa siapa pun saat ini dapat membuat token mereka, mereka bahkan dapat menamainya Bitcoin misalnya jika anda membeli Bitcoin tiruan, tidak dapat digunakan di Jaringan Bitcoin karena keduanya tidak sama. Oleh karena itu, selalu lakukan riset terlebih dahulu.

Blockchain Pemerintah dan Privat Lainnya

Pemerintah, bank, dan perusahaan mengatakan mereka tertarik untuk mengimplementasikan blockchain. Anda sering mendengar mereka mengatakan ya untuk blockchain tetapi tidak untuk Bitcoin atau blockchain memiliki nilai tetapi Bitcoin tidak memiliki. Apa yang mereka maksud? Mereka menyukai blockchain dan sistem terdistribusi tetapi mereka tidak menyukai desentralisasi, keterbukaan, penolakan sensor, tidak dapat disita, dan privasi. Mereka mengendalikan sistem keuangan global. Penerapkan Bitcoin berarti sama dengan melepaskan kendali seperti kemampuan mereka untuk mencetak mata uang, kemampuan mereka untuk mendistribusikan kepada siapa pun yang mereka inginkan, dan kemampuan mereka untuk menegakkan kebijakan moneter.

blockchain privat
Singkatnya, mereka ingin mengembangkan mata uang yang menggunakan blockchain dan sistem terdistribusi tetapi tersentralisasi, disensor, ditutup, dan dikendalikan. Sementara mata uang kripto secara umum terbuka bagi siapa saja untuk berpartisipasi, pengembangan mata uang blockchain pemerintah ditutup untuk pemerintah saja seperti titik yang didistribusikan hanya titik pemerintah dan jika ada penambangan maka hanya titik pemerintah yang dapat menambang yang berarti hanya titik pemerintah yang diizinkan untuk memproses dan memverifikasi transaksi. Saya tidak yakin apa motif mereka tetapi menurut saya mungkin untuk meningkatkan keamanan ketika mereka menerapkan mata uang digital dan untuk mencegah korupsi internal tetapi masih memiliki kekuatan untuk memanipulasi blockchain jika mereka dianggap perlu dan memiliki kendali moneter atas warganya seperti siapa yang dapat menggunakan, siapa yang tidak dapat, layanan apa yang diperbolehkan, dan membekukan atau bahkan secara paksa mengambil tabungan warga negara bila diperlukan. Bagaimana dengan blockchain perusahaan? Seperti Facebook Libra, sementara blockchain pemerintah tertutup untuk pemerintah, blockchain perusahaan tertutup untuk perusahaan dan merekalah yang memutuskan siapa yang dapat berpartisipasi dan memiliki kendali.

Korelasi dengan Kehidupan Kita

kripto untuk siapa
Sekarang Anda tahu betapa menakjubkannya Bitcoin dan mata uang kripto lainnya tetapi kecuali Anda adalah penghobi, pengikut berita ekonomi, atau pernah menghadapi gejolak keuangan sebelumnya, Anda mungkin bertanya, apa hubungannya mata uang kripto dengan hidup kita? Pertanyaan secara langsung adalah, jadi apa, bagaimana dengan itu, lalu apa? Anda mungkin hidup dengan sangat baik sekarang. Anda memiliki sejumlah besar uang tunai di saku dan saldo di rekening bank dan Anda dapat membeli apa yang Anda butuhkan atau bahkan yang Anda inginkan dan sekarang, Anda bahkan yakin bahwa Anda dapat menggesek kartu debit dan kredit Anda di mana saja untuk pembayaran atau Anda bisa beli secara online. Lalu, mengapa Anda membutuhkan mata uang kripto? Sebagai permulaan, ada orang di luar sana yang tidak seberuntung Anda seperti orang-orang yang nilai mata uang lokalnya hancur, akses yang ditolak ke layanan perbankan atau perbankan tidak tersedia, memiliki perbankan tetapi saat ini dibatasi karena otoritas yang menindas, atau di bagaimanapun juga menyangkal partisipasi dalam sistem keuangan global. Mata uang kripto terutama untuk orang-orang ini. Selain itu, mata uang kripto diperuntukkan bagi pengembang, visioner, pendukung, oportunis, pendidik, ahli teknologi, spekulan, dan banyak lagi. Untuk benar-benar memahami mata uang kripto, perlu mengetahui tentang sistem keuangan sebelumnya dan saat ini.

Nilai Financial

macam2 uang

Sebagian besar dari kita mungkin dilahirkan dengan mata uang fiat atau uang tunai dalam istilah umum yang diterima sebagai uang yang merupakan alat untuk mengomunikasikan nilai. Cukup dengan uang, Anda dapat membeli apa saja dan kebanyakan dari kita percaya bahwa uang adalah kebutuhan utama kita dan itu tidak benar. Uang hanyalah alat, apa yang bisa kita dapatkan dengan uang adalah kebutuhan sebenarnya kita. Jika Anda tidak dapat memahami itu, artinya Anda kurang mempelajari sejarah atau logika. Ajukan pertanyaan pada diri Anda, apakah uang selalu ada di masa lalu? Jawabannya adalah tidak. Jika Anda kembali ke masa lalu dan memberikan dolar kepada orang-orang, mereka akan mengira Anda gila. Mengapa mereka memberi Anda barang untuk selembar kertas?

Bentuk perdagangan tertua adalah barter. Saya butuh air dan Anda butuh makanan, jadi saya menukar sebagian makanan saya dengan Anda untuk mendapatkan air. Namun, barter memiliki masalah penskalaan, praktibilitas, dan perpecahan. Saya memiliki makanan tetapi tidak semua orang membutuhkan banyak makanan, Anda memiliki air bersih tetapi tidak semua orang membutuhkan banyak air, dan seseorang memiliki pakaian tetapi tidak semua orang membutuhkan banyak pakaian. Saya membutuhkan pakaian dan menemukan seseorang yang juga membutuhkan makanan. Saya harus merundingkan berapa banyak makanan yang harus diberikan dan berapa banyak pakaian yang akan diberikan orang itu. Sangat tidak praktis dan orang-orang mulai menuntut satu unit yang dapat mengukur nilai setiap barang atau barang yang disebut uang yang dapat membeli apa saja.

Orang-orang mulai bereksperimen dengan garam, gula, palawija, kerang, dan komoditas lainnya sebagai mata uang, tetapi hanya satu jenis yang diakui sepanjang sejarah dan itu adalah logam mulia. Terutama emas dan perak memiliki sifat kekekalan yang berarti tidak ada orang saat ini yang dapat menciptakan emas dan hanya dapat ditambang. Artinya saat ini emas langka yang diketahui memiliki persediaan terbatas. Zat emas juga tidak bisa rusak dimana bentuk emas yang anda miliki sekarang akan tetap sama hampir selamanya yang menandakan bahwa emas adalah komoditas yang bagus untuk disimpan. Emas dapat dibagi jika barang dapat dinilai dengan berat emas, misalnya makanan bernilai beberapa miligram (mg) emas. Orang-orang mulai membuat koin emas yang membuat perdagangan jauh lebih praktis dari sebelumnya.

Menurut saya, bagi kebanyakan orang, emas memang bagus sebagai mata uang tetapi emas kurang praktis untuk digunakan dalam skala nasional misalnya sangat berat untuk dibawa-bawa untuk transaksi besar-besaran apalagi mahal untuk menggunakannya dan resiko dirampok atau apapun hal lain yang dapat menyebabkan kehilangan emas fisik. Membagi emas masih tidak mudah bagi orang biasa dimana Anda membutuhkan teknik penempaan besi yang berarti ada batasan untuk dapat dibagi. Misalnya saya membawa beberapa mg emas tetapi saya hanya ingin membeli satu permen, biasanya saya harus membeli banyak permen atau barang lainnya.

Di sinilah uang kertas masuk. Daripada membawa emas tebal, kami mempercayai bank untuk menyimpan emas kami dan menerima sertifikat atau kupon yang masing-masing mewakili sejumlah emas. Itulah dolar yang bagus yang saya ketahui dulu, dimana setiap dolar dapat ditukar dengan sejumlah emas tertentu. Uang kertas lebih mudah dibawa dan mudah dibagi, begitu pula sebaliknya. Ini juga cukup praktis untuk digunakan sebagai alat tukar dalam skala nasional. Lalu datanglah perbankan, era digital, dan transaksi online dan Anda tahu sisanya.

fakta quantitative easing
Semuanya baik-baik saja jika pemerintah dan mitranya benar, tetapi bagaimana jika tidak? Pada tahun 1971, Nixon mengakhiri sistem Breton Woods dengan mengambil Dollar dari standar emas. Ini berarti bahwa Federal Reserve tidak lagi menukar jumlah pasti emas ke Dollar. Makna yang lebih dalam adalah mereka dapat mencetak Dollar sebanyak yang mereka inginkan padahal sebelumnya mereka membutuhkan emas sebagai acuan percetakan. Setidaknya mereka harus memiliki beberapa barang peganti tetapi mereka tidak memilikinya dan mencetak begitu saja. Sekarang, mereka memiliki kemampuan untuk melakukan pelonggaran kuantitatif (quantitative easing). Meski niatnya mulia yaitu untuk memacu pertumbuhan ekonomi, namun kenyataannya secara tidak langsung memaksa Anda untuk mendanai proyek mereka. Anda harus setuju bahwa donasi tidak dapat dipaksakan atau tanpa persetujuan.
pencetakan mata uang tidak adil
Sebagian besar dari kita di dunia kripto terbuka bersikap sarkastik terhadap bank dengan pernyataan serupa tentang mengapa bank harus takut mengambil risiko jika ada pemerintah yang mendukungnya? Jika mereka untung besar dalam investasi maka sebagian besar keuntungan adalah milik mereka tetapi jika mereka kalah maka pemerintah akan menutupi kerugian mereka dengan mencetak mata uang fiat dan memberikan kepada mereka dan apakah Anda tahu apa artinya itu? Itu berarti mendevaluasi uang tunai yang Anda pegang yang sama dengan memberikan potongan uang tunai anda kepada mereka. Logikanya, bukan pemerintah yang menalangi bank tetapi Anda warga yang menalangi mereka kecuali mereka yang menjual uang tunai dan membeli barang fisik. Anggap saja seperti ini, Anda bekerja keras di tambang emas untuk mendapatkan emas fisik dan kemudian ada banyak alkemis yang dapat membuat lebih banyak emas dengan sangat mudah dari nol. Biasanya jumlah yang Anda tambang cukup untuk mendapatkan jumlah makanan yang layak, tetapi para alkemis ini juga membutuhkan makanan. Alkemis ini menawarkan lebih banyak emas untuk jumlah makanan yang sama dengan yang Anda minta. Sekarang, kepada siapa penjual makanan akan menjual makanannya? Tentu kepada para alkemis. Tak lama kemudian sudah menjadi norma bahwa makanan ditukar dengan banyak emas, berapa banyak makanan yang bisa Anda dapatkan dengan emas yang sangat sedikit itu? Hampir tidak ada, semua kerja keras di tambang emas itu tiba-tiba menjadi sia-sia sejak lahirnya banyak alkemis emas. Inilah yang Anda sebut inflasi. Dolar dan mata uang fiat lainnya sekarang sama, di mana Federal Reserve, bank sentral, atau pemerintah sekarang menjadi alkemis. Mereka dapat menciptakan uang tunai sebanyak yang mereka mau dan meberikan kepada siapa pun yang mereka inginkan.
genesis block 2009 second bailout
Dalam krisis perbankan tahun 2008, mereka melakukan alkimia dan mengubah kertas menjadi Dolar dan memberikannya ke bank. Bitcoin mungkin tidak akan tercipta jika mereka menalangi warga, bukan bank, atau paling tidak membiarkan semuanya runtuh, menerima kesalahan mereka, dan membangun sistem baru yang lebih baik. Jika Anda melihat pesan di Blok asal Bitcoin yang merupakan transaksi pertama, menyatakan ketidakpuasan dari bail out kedua. Pesan tepatnya adalah "The Times 03/Jan/2009 Chancellor di ambang bailout kedua untuk bank". Menurut saya, Bitcoin adalah protes atas kontrol pemerintah yang tidak bertanggung jawab atas mata uang fiat sehingga Bitcoin diciptakan sebagai mata uang yang tidak dapat dikontrol atau dipolitisasi oleh siapa pun.

Sebelum melanjutkan, mari kita lihat beberapa riwayat penurunan nilai mata uang lainnya. Sebagian besar informasi yang saya peroleh Panduan Berinvestasi dalam Emas & Perak oleh Michael Maloney dan saya sangat menyarankan untuk menonton videonya Hidden Secrets of Money.

Roman Empire Debased Currency
Jatuhnya Kekaisaran Romawi dalam perspektif ini disebabkan oleh pendanaan secara berlebihan untuk menaklukkan wilayah lain yang dimana akhirnya pemerintahnya kehabisan dana. Mereka mulai dengan merendahkan koin mereka dengan menanam lebih sedikit emas dan perak dan berakhir dengan memaksa para pedagang untuk menurunkan harga barang dan jasa mereka. Secara alami, perekonomian jatuh. Sebelum Kekaisaran Romawi, ada Athen di mana mereka juga menemukan orang pintar untuk mendanai perang dengan mencampurkan 50% tembaga ke dalam koin emas dan perak mereka dan melakukan pengeluaran defisit.
Yuan dynasty banknote with its printing_plate 1287
Diketahui bahwa mata uang kertas fiat pertama kali muncul pada tahun 1370 selama Dinasti Tang di Tiongkok. Pedagang yang tidak menerima mata uang kertas menerima hukuman mati. Tidak lama kemudian, ia mengalami hiperinflasi.
john law france
Sekitar 1716 Prancis memiliki hutang yang besar bahkan pajaknya tidak dapat menutupi bunganya. John Law mengusulkan mata uang kertas dan ekonomi makmur dan semua orang hidup dalam kekayaan besar. Namun pada akhirnya, sistem tersebut mulai runtuh ketika seorang kerajaan keluar dari sistem dengan menebus mata uang kertas mereka dengan emas. Kemudian semua orang mulai mengikuti, jika tidak ada emas maka perak diberikan, dan jika tidak ada perak maka tembaga diberikan sampai semuanya runtuh. Mata uang kertas memang menyelamatkan perekonomian pada satu waktu tetapi mereka mengabaikannya dengan pengeluaran yang tidak bertanggung jawab dan lebih banyak pencetakan, atau mereka hanya hidup dalam khayalan bahwa mereka menggunakan aset imajiner atau menurut pendapat saya daya beli masa depan, atau alasan mereka bisa berhasil awalnya karena secara diam-diam dan tidak langsung mereka gunakan kekayaan warga dengan mencetak lebih banyak uang yang sebenarnya sama dengan menaikkan pajak berkali-kali lipat dimana warga bodoh dan tidak mau mencari kebenaran.
Germany Hyperinflation
Pada awal Perang Dunia 1, Jerman melakukan pencetakan mata uang besar-besaran dari udara tetapi inflasi mengikuti dengan lambat. Ini karena masa-masa sulit ketika warga sipil menjadi konservatif, lebih sedikit mata uang yang beredar, dan mereka percaya pada daya beli mata uang sehingga mereka menyimpannya yang berarti permintaan mata uang yang lebih tinggi dan permintaan yang lebih sedikit untuk barang dan jasa. Ketika waktu membaik, permintaan berbalik. Semua orang ingin belanja dan dalam waktu singkat terjadi hiperinflasi.
dollar purchasing power chart
Setelah tahun 1900-an, Dolar dan mata uang fiat serupa mengalami peristiwa serupa yang menyebabkan dana perang yang berlebihan. Pada akhirnya, mereka keluar dari sistem Breton Woods dengan memotong Dolar dari standar emas. Hari ini mereka dapat mencetak mata uang fiat sebanyak yang mereka inginkan. Seperti penjelasan sebelumnya tentang 2008, penguasa memutuskan siapa yang harus kaya dan siapa yang harus miskin seperti dewa memutuskan siapa yang hidup dan siapa yang mati dengan memanipulasi hukum alam pasar bebas yang tidak diragukan lagi ketidakadilannya.
zimbabwe inflation
Bahkan saat ini, Zimbabwe masih merupakan kasus hiperinflasi yang terkenal di mana mereka mencetak fiat mereka hingga hancur sehingga Anda bahkan dapat menemukan pasar yang menjual segunung uang tunai sebagai suvenir. Saat ini, Venezuela memimpin hiperinflasi.
mandiri dan kebutuhan
Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dapat menjadi solusi karena persediaan mereka transparan dan lebih adil daripada mata uang fiat saat ini. Namun, ada solusi lain untuk masalah ini. Bentuk uang tertua yang bertahan selama berabad-abad adalah logam mulia seperti emas dan perak. Jika tujuan Anda hanya untuk mempertahankan kekayaan Anda, maka membeli emas dan perak telah terbukti menjadi solusi yang bagus dilihat dari sejarah. Selain logam mulia, Anda dapat kembali ke dasar uang dan mengajukan pertanyaan mengapa Anda membutuhkan uang pada awalnya, dan jawabannya adalah karena Anda ingin membeli barang dan jasa. Contoh sederhananya adalah menyimpan persediaan makanan, memiliki tempat berlindung seperti rumah, dan membeli barang yang Anda butuhkan dan barang yang menurut Anda akan berguna di masa depan. Untuk melangkah lebih jauh, mulailah mandiri seperti menanam buah dan sayuran sendiri, membangun pertanian, menmpunyai pasokan air sendiri, atau bahkan membangun sumber listrik sendiri seperti menggunakan panel surya, turbin angin, dan sumber energi terbarukan lainnya. Begitu Anda menjadi lebih pintar, Anda mungkin ingin memulai bisnis Anda sendiri daripada hanya memegang uang tunai itu.

Kebebasan Financial

Buku ini tidak menekankan mata uang kripto sebagai solusi nilai finansial. Anda dapat menemukan penggila emas setuju dengan Aktivis Bitcoin tentang masalah dengan sistem keuangan saat ini tetapi tidak setuju dengan Bitcoin sebagai solusinya apalagi mata uang kripto lainnya. Terutama karena mereka tidak memiliki bentuk fisik dan banyak alasan lainnya. Seperti yang dikatakan di buku ini bahwa jika masalahnya hanya nilai finansial, ada solusi lain yang terbukti efektif secara historis. Meskipun bertahun-tahun ini Bitcoin dan beberapa mata uang kripto memiliki kinerja terbaik, orang biasa tidak dapat menangani volatilitas jangka pendek. Namun, sebelum tujuan menangani nilai finansial, Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dibuat untuk tujuan yang lebih besar.

masalah sensor dan sita
Menurut pendapat saya, tentang penciptaan Bitcoin pada tahun 2008, hilangnya nilai mata uang fiat bukanlah masalah utama. Masalah utama adalah sistem keuangan global yang sangat terkontrol dan mungkin dipolitisasi. Ingatlah bahwa mata uang lokal saat ini yang kita pegang tidak lagi didukung oleh nilai apapun dan bank sentral bersama dengan pemerintah dapat mencetak sebanyak yang mereka inginkan, dan ingatlah bahwa jenis pencetakan mengambil nilai dari Anda dan memberikannya kepada orang lain. Mereka bisa memutuskan siapa yang kaya dan siapa yang miskin. Saya sadar bahwa saya menyerang pihak berwenang secara sepihak. Jika saya berada di posisi mereka, perbedaan apa yang dapat saya lakukan? Saya tidak tahu tapi buku ini terutama untuk Anda para pengguna dan warga negara. Saya percaya untuk memprioritaskan teman, keluarga, dan diri saya sendiri daripada bangsa, itu adalah yang utama. Orang pintar segera melarikan diri ke logam mulia dan aset lain tetapi tahukah Anda bahwa seringkali ketika sistem keuangan suatu negara akan runtuh, mereka menerapkan kebijakan moneter yang ketat. Buku adalah bagaimana menyelamatkan diri Anda ketika mereka menyalahgunakan sistem fiat, bukan tentang apakah keputusan mereka tepat atau tidak. Faktanya, saya tidak terlalu peduli dengan penurunan nilai, mencetak begitu saja, pemalsuan, inflasi, dll. Tapi saya peduli dengan kebebasan untuk memanfaatkan dan mengelola kekayaan kita sendiri sesuka kita atau untuk bergabung dan keluar dari sistem kapan pun kita mau, itulah sebabnya mengapa Saya menggunakan mata uang kripto. Subbab sebelumnya hanya membahas fase awal kejatuhan ekonomi yaitu penurunan nilai. Ketika penurunan nilai mulai gagal, hal berikut biasanya terjadi yang terjadi di semua contoh penurunan nilai dari subbagian sebelumnya:
long queue short deadline srilangka bank note switch
Mereka mungkin mendemonetisasi uang kertas. Meski secara teoritis tidak ada perubahan namun pada kenyataannya secara tidak langsung dapat mempengaruhi warga negara. Misalnya di India 2016, terjadi kekurangan uang tunai, antrian bank yang panjang, dan tenggang waktu yang pendek dimana ada warga yang tidak memiliki kesempatan untuk menukar uang kertasnya. Ini berarti mereka sekarang memegang uang kertas yang tidak berguna yang berarti kekayaan mereka dicuri secara tidak langsung.
zimbabwe bans mobile payment
Mereka akan mulai melarang penukaran dan perdagangan aset selain mata uang fiat mereka, misalnya mereka melarang transaksi dalam emas dan mata uang asing lainnya seperti Dolar. Contoh lain yang terjadi selama penulisan buku ini adalah China yang berusaha mencegah rakyatnya untuk membeli logam mulia, FDIC menghimbau keras untuk tidak menarik uang tunai dari bank, pasar saham global ditutup sementara selama acara angsa hitam karena COVID-19, dan banyak lagi. Contoh yang parah adalah Zimbabwe secara permanen menutup pasar saham lokalnya dengan menuduhnya bertanggung jawab atas jatuhnya mata uang fiat mereka sekali lagi dan juga mereka memblokir semua pembayaran elektronik dan seluler.
china money restriction
Mereka menerapkan aturan perjalanan yang lebih ketat misalnya rumor China tidak mengizinkan warganya membawa kekayaannya ke luar negaranya tanpa izin pemerintah.
gold confiscation
Ketika semakin buruk, mereka memaksa menukar aset Anda ke mata uang fiat mereka seperti Perintah Eksekutif 6102 yang menyita emas warga.
Corralito Argentina Demonstration
Lebih buruk lagi adalah Dampak Corralito di Argentina di mana mereka membekukan rekening bank warga secara paksa dan secara diam-diam menukar Dolar mereka menjadi Peso. 1 Dolar adalah 1 Peso awal mulanya yang kemudian mereka melepaskan kaitan dan segera 1 Dolar menjadi 4 Peso dan menjadi lebih mahal. Artinya Peso mereka semakin melemah dan kekayaan warga dicuri. Kasus terburuknya adalah mereka benar-benar menyita atau menyita aset Anda seperti bagaimana Siprus pada tahun 2012 menyita simpanan bank di mana penyitaan biasanya hanya terjadi pada penjahat.

Hal terakhir yang akan mereka coba lakukan adalah memaksa kontrol harga pasar ke mata uang fiat mereka. Ini terjadi beberapa tahun kemudian di Amerika Serikat setelah Presiden Nixon tidak lagi mendukung penukaran Dolar ke emas. Yang terburuk adalah menjelang akhir Kekaisaran Romawi di mana mereka mengeluarkan undang-undang bahwa warga negara dipaksa untuk bekerja dan melanjutkan bisnis keluarga tetapi dengan harga yang terkendali yang dapat dihukum mati.

Dengan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya, secara regulatori dapat dilarang tetapi secara teknis tidak dapat dihentikan atau disensor, secara teknis tidak dapat disita dimana satu-satunya cara adalah dengan membujuk, menekan, atau menipu pemilik untuk menyerahkan diri, baik fungsi pasokan dan distribusi didefinisikan secara algoritmik dan matematis yang idealnya netral dan tidak dikendalikan oleh entitas manapun, dan juga sebagian besar terbuka dan transparan.

Mirrors

No comments:

Post a Comment