Kesalahpahaman tentang Minimum 1 Lot dan Investasi dan Trading Itu Mahal

time changes in trading and investing

Saya telah mulai secara aktif mengundang orang untuk tidak hanya dalam mata uang kripto tetapi juga bentuk perdagangan dan investasi lainnya. Pengalaman saya dengan Generasi Z dan rekan-rekan Milenial saya adalah bahwa mereka sangat semangat untuk mencoba. Jika mereka tidak mau mencoba, antara mereka tidak punya uang, atau mereka benar-benar tidak tertarik, dan alasan tersebut itu umum yang boleh dibilang oleh siapa saja. Namun, pengalaman saya dengan generasi yang lebih tua, baby boomer dan di atasnya adalah bahwa mereka memiliki kesalahpahaman. Benar bahwa ada orang-orang seperti Warren Buffet yang tidak percaya pada masa depan mata uang kripto karena mereka percaya bahwa itu tidak memiliki aset dasar dll tetapi ini bukan kesalahpahaman yang saya bicarakan. Ada beberapa yang percaya pada masa depannya, dan banyak yang tidak peduli tetapi berpikiran terbuka tetapi mereka takut untuk terjun tidak hanya ke mata uang kripto tetapi juga semua bentuk perdagangan dan investasi lainnya.

Kesalahpahaman tentang Minimum Transaksi

Dulu, banyak broker mengharuskan kita untuk membeli minimal 1 Lot (perdagangan sekuritas), tapi apa itu 1 Lot?

  • 1 Bitcoin utuh saat ini $5000.
  • Obligasi, 1 Lot = dari $1000 hingga $5000.
  • Valuta Asing (Valas), 1 Lot = $100000.
  • Saham, 1 Lot = 100 Saham
  • Emas dan Palladium, 1 Lot = 100 troy ounce.
  • Perak, 1 Lot = 5000 troy ons.
  • Gandum, Jagung, dan Kedelai, 1 Lot = 5000 gantang.
  • Sapi hidup dan babi kurus, 1 Lot = 40000 pon.
  • Minyak Mentah, 1 Lot = 1000 barel.
  • Minyak pemanas dan bensin tanpa timbal, 1 Lot = 42000 galon.

Jika 1 Lot benar-benar minimum, maka membeli saham Apple membutuhkan minimal $14860 (Rp 211 314 401) karena harganya $148,6 per saham dan 1 Lot = 100 lembar = $148,6 * 100 = $14860. Saya pernah didekati oleh seorang salesman broker untuk berinvestasi di General Motors Company (GM) dan saya pikir saya hanya membutuhkan $50 tetapi kemudian mereka mengatakan bahwa minimumnya adalah $5000 ( yang membuat saya sangat terkejut. Ternyata minimal investasi mereka adalah 1 Lot yaitu 100 lembar saham. $5000 (Rp 711 017 50) mungkin kecil untuk negara maju tetapi ketahuilah bahwa di negara berkembang, gaji rata-rata adalah Rp 3 juta per bulan yang membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun untuk mendapatkan Rp 700 jutaan.

Jumlah minimum untuk membeli saham lokal di negara saya juga 1 Lot yaitu 100 lembar. Namun harga saham di Indonesia tidak semahal di Amerika Serikat (AS) dimana salah satu saham yang mahal adalah Gudang Garam Tbk (GGRM), sebuah perusahaan rokok dengan saham Rp 31975 ($2.23) dan 1 Lot membutuhkan Rp 31975 * 100 = Rp 3 197 500. Saham yang saya beli rata-rata seharga Rp 50 per lembar (¢0,35) dimana 1 Lot hanya Rp 5000. Rata-rata Lot untuk Obligasi sangat mirip dengan sertifikat deposito di negara saya di mana minimal Rp 10 juta.

Dengan pengetahuan masa lalu di atas, generasi yang lebih tua memiliki kesalahpahaman tentang perlunya membeli seluruh Bitcoin. Pertama kali saya menunjukkan harga kepada mereka, tanggapan langsung mereka adalah "wih Rp 700 juta, itu sangat mahal, saya tidak punya Rp 700 juta" diikuti oleh "rekan-rekan saya berinvestasi di saham dan kehilangan rumah mereka". Ketakutan masa lalu telah mencegah mereka untuk mengenal mata uang kripto dan perdagangan serta investasi lainnya.

Namun, waktu berubah, saya mencoba berdagang valas dan saya dapat berdagang 0,01 Lot di mana masih, $100000/100=$1000 itu mahal tetapi ada Opsi di mana saya hanya dapat menggunakan $10 tetapi tentu saja berisiko likuidasi jika saya salah berdagang. Sekarang ada reksa dana bagi siapa saja untuk mulai berinvestasi hanya dengan minimal Rp 10 ribu dan dapat meminta penarikan kapan saja tidak seperti sertifikat deposito dengan kunci berbulan-bulan.

Benar bahwa berinvestasi di obligasi pemerintah dapat mengunci dana kita selama lebih dari satu tahun, tetapi jumlah minimum di negara saya telah sangat menurun yaitu hanya Rp 1 juta.

Sekarang untuk Bitcoin, kita dapat membeli sedikitnya Rp 100 ribu di mana faktanya kita dapat membeli sebagian kecil dari mata uang kripto apa pun, tetapi tetap saja, ada batasan yang disebabkan oleh:

  • Biaya transaksi dan/atau perdagangan.
  • Setelan desimal di setiap mata uang kripto di mana jika desimal adalah 1 maka minimumnya adalah 0,1 dan perhatikan bahwa sebagian besar mata uang kripto memiliki pengaturan desimal 18.
  • Beberapa mata uang kripto memungut pajak.
  • Mungkin mada ada banyak faktor lain yang belum saya ketahui.

Berdagang emas tidak hanya kita dapat membeli secara fisik tetapi ada penyedia yang memungkinkan kita untuk membeli secara digital dan dalam pecahan juga di mana kita dapat memulai hanya dengan Rp 100 perak. Caranya lebih seperti cicilan dimana jika investasi kita mencapai 1 gram, kita bisa mengklaim emas secara fisik. Tetapi option trading dalam aplikasi forex berbeda dimana minimumnya adalah 0,01 Lot untuk trading emas.

Kesalahpahaman Setoran Minimum

Seperti salesman yang mendekati saya membutuhkan minimal 1 Lot yaitu $5000 untuk berinvestasi di motor umum, broker, perdagangan, dan perusahaan investasi saat itu mungkin memerlukan deposit minimal tidak kurang dari jumlah sertifikat deposito yaitu Rp 10 juta. Rp 10 juta di negara berkembang adalah uang yang banyak dimana harus diulang lagi bahwa gaji rata-rata adalah Rp 3 juta per bulan yang belum termasuk biaya hidup. Perdagangan dan investasi adalah permainan orang kaya pada masa kecil saya.

Namun di usia ini, berbeda. Setoran minimum perusahaan modern hanya dibatasi oleh jumlah minimum transfer bank rekening bisnis yaitu Rp 50 ribu sekitar $3,5 di negara saya. Hari ini, hanya minimal Rp 50 ribu tidak hanya di bursa mata uang kripto tetapi juga di banyak reksa dana seperti Bibit dan sekuritas saham seperti di Ajaib. Selain setoran minimum, faktor berikutnya yang membatasi jumlah minimum investasi adalah jumlah minimum perdagangan. Jumlahnya berbeda untuk setiap aset, di Tokocrypto, saya menemukan bahwa minimum untuk berdagang Bitcoin adalah Rp 20 ribu sekitar $1,4, dan Indodax Rp 10 ribu. Oleh karena itu, investasi minimum di sana adalah Rp 50 ribu karena itu adalah jumlah minimum untuk disetor.

Mirrors

Comments